Resep Bakso Ayam

ResepUmi.com – Indonesia memiliki banyak sekali jajanan yang banyak dijual di pinggir jalan. Bakso adalah salah satu jajanan yang banyak digemari bahkan menjadi jajanan favorit banyak orang. Bakso adalah makanan asli khas Indonesia yang sudah sampai ke luar negeri karena memang rasanya yang enak dan kenyal.

Resep Bakso Ayam

Kali ini Umi di ResepUmi.com akan memberikan Resep Bakso Ayam yang kenyal dan enak supaya kalian tidak usah membelinya diluar. Karena kalian tahu sendiri bahwa sekarang banyak sekali orang yang berjualan menggunakan cara curang, mereka memasukan bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia.

 Resep Bakso Ayam

Mungkin langsung saja untuk kalian yang ingin merasakan rasa dan mencoba membuatnya dirumah Umi akan memeberikan bagaimana cara membuat bakso ayam yang  kenyal dan enak. Kalian simak dengan baik dan lakukan langkah-langkahnya dengan benar supaya hasil yang nantinnya akan kalian dapat bisa maksimal dan memuaskan perut kalian.

Resep Bakso Ayam:

Bahan-bahan Bakso:

  • 500gr daging ayam, bisa gunakan bagian paha atau dada
  • Air es 125 ml atau secukupnya (gunakan juga untuk merendam bakso)
  • 1 sdm kecap ikan
  • 2 sdm tepung maizena
  • garam secukupnya (1-3 sdt)
  • setengah sdm gula pasir
  • seperempat sdt baking powder
  • setengah sdt baking soda
  • setengah sdt merica bubuk
  • setengah sdt kaldu bubuk (opsional)
  • setengah sdm minyak goreng

Bahan Kuah Bakso:

  • 2 ltr air kaldu dr rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 2 btng daun bawang
  • 2 sdm kecap ikan
  • 5 buah bawang putih, dihaluskan
  • 2 sdt garam
  • bawang merah (digoreng), sebagai taburan
  • minyak untuk menumis

Cara Membuat Bakso:

  1. Siapkan daging ayam (bagian paha atau dada), potong-potong kecil kemudian masukan ke dalam food prosessor atau pun alat pencincang daging biasa seperti diblender. Tambahkan 5 sendok makan air es sedikit demi sedikit hingga cincangan daging membentuk gumpalan.
  2. Setelah itu, angkat dan tuangkan kedalam mangkuk besar. Sediakan juga mangkuk berukuran kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena dalam mangkuk.
  3. Tambahkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk sampai benar-benar merata.
  4. Sediakan mangkuk yang didalamnya berisi air es. Ambil adonan dan bantingkan ke mangkuk, jangan lupa basahi dulu tangan anda supaya tidak lengket. Lakukan sampai 10x atau sampai gumpalan adonan terlihat lembut dan kenyal. Manfaat dari membantingkan adonan ini yaitu untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal.
  5. Permukaan mangkuk di alasi dengan plastik, taruh adonan dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, keluarkan adonan. Ambil 1 sdm adonan dengan menggunakan sendok lainnya dan bentuk adonan menjadi bulatan berdiameter 1,5 cm. Setelah itu masukan adonankedalam air panas. Lakukan sampai semua selesai.
  7. Setelah panci sudah dipenuhi oleh adonan, kompor dihidupkan kembali dan rebus menggunakan api kecil. Jangan sampai mendidih hingga bergolak, air dididihkan sampai mengeluarkan letupan-letupan kecil saja. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.
  8. Jika anda belum tahu tingkat kematangan bakso, coba ambil satu bakso kemudian belah. Jika masih berwarna pink, berarti belum matang dan rebus lagi.
  9. Sediakan mangkok yang isinya air dan es batu, bakso ditiriskan menggunakan saringan kawat, air disisihkan untuk kuah bakso.
  10. Bakso kemudian dimasukan ke dalam air berisi es, rendam sampai dingin.
  11. Bakso pun siap di santap dengan kuahnya (atau simpan dalam freezer).

Cara Membuat Kuah Bakso:

  1. Sediakan wajan, tambahkan 1 sdm minyak goreng. Tambahkan juga bawang putih, tumis sampai harum dan matang. Kemudian angkat.
  2. Siapkan panci yang telah di isi air rebusan bakso, masukan tulang belulang ayam (jika ada). Masukan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus sampai mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya.
  3. Angkat.
  4. Sajikan bakso selagi hangat.

Bakso ayam kenyal dan enak yang kalian buat sudah bisa dinikmati bersama keluarga dirumah. Tambahkan sambal jika kalian menyukai bakso yang pedas. Bagaimana? Mungkin memang cukup rumit pada saat membuatnya karena banyak tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Namun Umi yakin jika kalian memang berniat membuatnya dan melakukan langka-langkah yang diberikan dengan benar kalian akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Resep Bakso Ayam

Mungkin cuma itu yang bisa Umi berikan dikesempatan kali ini tentang Resep Bakso Ayam. Semoga kalian yang sedang kebingungan mencari tahu bagaimana cara membuat bakso ayam yang kenyal bisa terbantu setelah membaca resep yang sudah Umi berikan diatas. Jangan lupa baca juga resep-resep makanan sebelumnya karena ada juga resep bakso lainnya yang bisa kalian coba seperti Resep Bakso Ikan yang gurih dan enak. Terima kasih kalian sudah datang dan membaca resep yang sudah Umi berikan di ResepUmi.com, semoga bisa membantu kalian semua oleh resep-resep yang ada.

Komentar Via Facebook