Resep Puding Karamel

ResepUmi.com – Hidangan penutup adalah makanan yang dimkan setelah hidangan utama disajikan. Biasanya rasa makanan hidangan penutup sangatlah enak dan manis pastinya. Karena hidangan penutup memang berfungsi untuk menetralisir apa yang sudah kita makan sebelumnya. Hidangan penutup yang sekarang banyak sekali dimakan adalah puding. Puding merupakan makanan yang berbentuk agar-agar memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Pokoknya sangat pas jika disajikan menjadi hidangan penutup.

Resep Puding Karamel

Puding memiliki banyak jenis mulai dari buah, agar agar, cream dan banyak lagi yang lainnya. Salah satu puding yang enak dan pastinya bisa membuat kalian semua ketagihan adalah puding karamel. Puding karamel memiliki tekstur yang sangat lembut dan rasa yang sangat manis. Mungkin banyak diantara kalian yang ingin membuat puding karamel namun tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Kali ini Umi di ResepUmi.com akan memberikan Resep Puding Karamel yang enak.

Mungkin langsung saja untuk kalian yang sudah tidak sabar ingin mencoba membuat dan merasakan rasanya Umi akan memberitahukan cara membuat puding karamel. Kalian simak dengan baik dan lakukan langkah-langkahnya dengan benar supaya hasil yang nantinya akan kalian dapat bisa maksimal dan memuaskan perut kalian.

Resep Puding Karamel:

Bahan Untuk Puding:

  • Telur 9 butir, dikocok lepas
  • Susu evaporated 1 kaleng
  • Ari 1 kaleng (ukuran kaleng susu evaporated)
  • Gula pasir 8 sendok makan
  • Tepung custard 3 sendok teh
  • Mocca pasta 1 sendok makan

Bahan untuk Karamel:

  • Gula pasir 1 gelas
  • Air panas 1 gelas

Cara Membuat:

Puding:

  1. Semua bahan diaduk menjadi satu lalu kemudian disaring.
  2. Adonan tersebut dibagi menjadi 2 bagian.
  3. Bagian 1 diberi mocca pasta dan 1 bagian lagi dibiarkan berwarna aslinya yaitu putih.

Karamel:

  1. Gula pasir dipanaskan didalam wajan hingga mencair, jangan lupa gunakan dengan api yang kecil dan tidak perlu diaduk.
  2. Apabila warnanya sudah berubah menjadi karamel, masukkan air panas yang telah disediakan sedikit demi sedikit.
  3. Diamkan hingga gula larut dan mulai menggumpal.
  4. Aduk, angkat lalu sisihkan.

Penyajiannya:

  1. Didihkan air kukusan terlebih dahulu.
  2. Jika air sudah benar-benar mendidih, kecilkan apinya karena kita akan memulai proses pengukusan. Hal itu dilakukan supaya puding yang akan dibuat tidak berpori.
  3. Sediakan pirex lalu tuangkan karamel yang sudah dibuat tadi. Selain pirex, kalian juga bisa menggunakan wadah-wadah kecil berupa beberapa cup dalam membuat puding karamel ini. Kemudian tuangkan adonan putih lalu kukus kurang lebih 10 menit.
  4. Setelah mulai agak mengeras, barulah masukkan adonan mocca diatasnya, masukkan kembali kedalam kukusan selama kurang lebih 15 menit. Angkat lalu diamkan, masukkan kedalam kulkas dan siap untuk disajikan.
  5. Kalian bisa menambah hiasan diatasnya berupa fruit cocktail menurut selera.

Puding karamel enak dan manis yang kalian buat sudah bisa dinikmati bersama keluarga dirumah. Selain dijadikan hidangan penutup puding karamel pun enak jika dimakan langsung. Bagaimana? Mudah bukan cara membuat puding karamel? Umi yakin kalian bisa membuanya dan mendapatkan hasil yang sempurna, asalkan mengikuti langkah yang Umi berikan dengan benar.

Resep Puding Karamel

Mungkin cuma itu yang bisa Umi berikan pada kesempatan kali ini tentang Resep Puding Karamel. Semoga kalian yang sedang kebingungan mencari tahu bagaimana cara membuat puding karamel bisa terbantu setelah membaca resep yang sudah Umi berikan diatas. Berbagai informasi mengenai Puding Karamel Umi dapat dari banyak sumber yang terpercaya. Jangan lupa baca juga resep sebelumnya yang pernah Umi berikan, karena masih banyak resep makanan yang bisa kalian coba buat dirumah salah satunya Resep Puding Cake. Terima kasih kalian sudah datang dan membaca resep makanan yang ada di ResepUmi.com.

Komentar Via Facebook