Resep Wingko Babat

ResepUmi.com – Indonesia memiliki banyak daerah dan sebagian besar daerahnya memiliki beberapa makanan tradisional yang berbeda-beda. Sekarang Umi akan memberikan Resep Wingko Babat yaitu makanan yang banyak di produksi oleh banyak daerah tetapi salah satu daerah yang sangat terkenal dengan wingko babatnya adalah Semarang. Banyak orang mengira bahwa kue ini berasal dari Semarang tetapi yang sebenarnya adalah bahwa kue ini ternyata berasal dari Babat daerah di Lamongan, Jawa Timur. Babat terletak di daerah dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayu dan juga karena baru saja di temukan sumber minyak di daerah ini.

Resep Wingko Babat

Resep Wingko Babat

Wingko babat biasanya berbentuk bundar dan agak keras serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya.

Nah kali ini Umi di ResepUmi.com akan memberikan Resep Wingko Babat yang terkenal itu. Siapa tau ada yang ingin mencoba untuk membuat wingko babat untuk di nikmati sendiri ataupun malah ingin menjual dan bersaing dengan merk-merk ternama yang memproduksi wingko babat di Indonesia. Mari simak bagai mana cara membuat wingko babat.

Resep Wingko Babat:

Bahan bahan Resep Wingko Babat yang dibutuhkan:

  • 500 gram Tepung Ketan yang sudah di ayak halus.
  • 350 gram Gula Pasir Putih, jangan gunakan gula pasir yang berwarna kekuningan karena jenis gula ini masih memiliki aroma tebu yang cukup kuat.
  • Tepung Kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram.
  • Satu butir Kelapa yang cukup tua diparut dan diambil santan kentalnya sekitar seperempat liter.
  • Parutan kelapa muda sebanyak kurang lebih 350 gram.
  • 1 pcs daun pandan segar (dibentuk simpul waktu memasaknya nanti).
  • 1 sendok besar atau sendok makan margarin.
  • Setengah sendok kecil atau sendok teh garam dapur halus beryodium.
  • Setengah sendok teh vanili (bisa memakai yang model bubuk atau pasta)
  • Bahan untuk olesan berupa 1-2 butir kuning telur di campur dengan setengah sendok makan margarin.
  • Kertas minyak atau daun pisang untuk alasnya nanti.

Cara membuat Resep Wingko Babat Enak:

  1. Ambil satu panci untuk merebus 250 ml santan kental, setengah garam dapur dan 350 gram gula pasirnya. Aduk semua bahan sampai mendidih.
  2. Masukkan daun pandannya. Aduk lagi sampai semua bahan sedikit emngumpal dan agak kental.
  3. Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar untuk adonan utama. Masukkan 500 gram tepung ketan, tepung kanji, bubuk vanili, margarin dan 350 gram kelapa parutnya. Campur semua bahan sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit santan dari langkah pertama sambil tetap di aduk. Ulangi sampai santan habis dan adonan sedikit berminyak dan kalis.
  5. Ambil loyang yang akan dipakai untuk cetakan Kue Wingko Kelapanya. Alasi terlebih dahulu dengan daun pisang atau kertas minyak yang sudah disiapkan. Ratakan adonan supaya hasilnya nanti bagus.
  6. Panaskan oven sampa mencapai suhu 160-170 derajat. Masukkan loyang adonan kedalamnya sampai setengah matang. Olesi kue setengah matang dengan bahan olesannya dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.

Resep Wingko Babat

Setelah matang, angkat dan tunggu Wingko Babatnya dingin terlebih dahulu sebelum dipotong. Kalian bisa memotongnya dengan bentuk bundar, persegi empat, segitiga, atau bentuk apa saja sesuai dengan keinginan kalian. Jika kalian sudah menikah dan memiliki anak ada baiknya biarkan anak untuk menentukan bentuk yang mereka inginkan supaya mereka bisa berfikir kreatif dan senang saat akan menyantap makanan yang sudah kalian buat. Bagaimana sudah mengerti kan cara membuatnya? Cukup mudah dan tidak terlalu ribet kan? bahkan umi yakin untuk orang awam yang tidak hobi memasak pun pasti bisa dengan mudah membuat resep ini. Selamat mencoba dan menikmati Resep Wingko Babat yang Umi berikan. Jangan lupa baca juga resep-resep yang sudah Umi berikan Resep Panada.

Komentar Via Facebook